PMBL


Minat Bakat dan Lifeskill sebenarnya termasuk dalam pengembangan sumber daya manusia, namun karena kegiatan-kegiatan yang ada di dalamnya terlalu banyak dan besar maka dibuatlah Kementerian khusus untuk hal ini, meskipun nanti pada pelaksanaannya akan banyak berkomunikasi dengan PSDO, P&P, dan AKI karena memang sangat berkaitan.
Ada 3 bidang besar yang akan dinaungi oleh PMBL, yaitu Olahraga, Kesenian, dan Bahasa. PMBL berhak membentuk klub-klub yang meliputi ketiga bidang tersebut dengan perhitungan anggaran yang tepat guna dan tepat sasaran. Olahraga, sebagai contohnya adalah klub futsal, basket, voli, badminton, tennis, tennis meja, karate, aikido, wing chun, tae kwon do, dll. Untuk kesenian misalnya seni suara (sudah ada Paduan Suara Mahasiswa/PSM), seni musik, dll. Untuk bahasa, PMBL berhak mengadakan klub-klub pembelajaran berbagai bahasa seperti bahasa Jawa, Sunda, Inggris, Arab, Jepang, Jerman, Perancis, dll.
Sebenarnya seni fotograpi, desain grafis, dan tulis-menulis juga termasuk dalam lifeskill terutama kesenian, namun karena sudah ada kementerian MPTI (Media Publikasi dan Teknologi Informasi) yang menaungi kegiatan multimedia dan jurnalistik, maka seni yang saya sebutkan tadi itu akan dimasukkan dalam ranah MPTI.
Kementerian PMBL bertugas mengatur kegiatan semua klub-klub yang akan dibentuk lengkap dengan perencanaan keuangan yang matang. Lalu saat ada kompetisi-kompetisi, maka PMBL berhak mengajukan delegasi-delegasi dari fakultas untuk mengikuti kompetisi yang berkaitan dengan klub-klub minat bakat yang ada.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s