DANUS


Departement Dana dan Kewirausahaan

Departement ini meliputi dua hal. Uang dan bisnis. Mengapa ada menteri khusus yang bertugas mencari uang?

Organisasi di KBM FKIK UMY ini sangat banyak jumlahnya, dan semua kegiatan mereka membutuhkan uang. Dana untuk keperluan kemahasiswaan seringkali tidak cukup untuk mendanai 100% kegiatan di FKIK ini. Belum lagi ditambah bila nanti ada kegiatan-kegiatan yang bersifat darurat dan mendadak tanpa terencana dalam rapat anggaran tahunan.

Kita dituntut untuk punya uang lebih, dan satu-satunya cara adalah dengan bisnis. Mengapa tidak memungut iuran saja? Semua mahasiswa di FKIK UMY ini saat membayar uang semesteran, sudah dipotong untuk dana kemahasiswaan, dan kita tidak perlu lagi menyuruh mereka iuran karena iuran itu sebenarnya sudah mereka lakukan.

Bisnis utama yang akan dijalankan oleh Danus adalah bisnis Koperasi Mahasiswa FKIK UMY yang akan meliputi banyak usaha-usaha. Koperasi ini tak ubahnya seperti koperasi yang lain dan lebih santai sistemnya. Semua keluar masuk keuangan harus lengkap, disiplin, dan bertanggungjawab. Semua hasil keuntungan akan dimasukkan dana cadangan yang akan digunakan untuk mendanai proker-proker yang kekurangan biaya atau mendadak pengadaannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s